Monday, May 4, 2015

Step by Step melakukan Monetisasi Video Yotube





Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Berikut ini saya sharing step melakukan Monetisasi Video Yotube.
1. Gunakan email Gmail anda, lalu buka websites www.youtube.com. Lalu aktifkan account Youtube mengunakan Gmail tadi. Selanjutnya kita buat Channel atau Saluran.
Klik menu Channel atau Saluran, lalu klik menu Status and Features. Lakukan verifikasi atas account Youtube kita.




2. Selanjutnya pilih negara kita, lalu pilih menu Text me the verification code. Dan masukkan nomor handphone kita. Lalu klik menu Submit.


3. Cek handphone kita dan masukkan kode yang dikirimkan oleh Google, lalu klik menu Submit.


4. Setelah muncul komentar Congratulation, klik menu Continue.


5. Selanjutnya akan terlihat account / channel yang kita buat sudah Verified. Selanjutnya pada menu Monetization, kita klik ENABLE untuk mengaktifkan fitur monetisasi.


6. Selanjutnya klik menu Enable My Account.


7. Selanjutnya akan ditampilkan agreemen, lalu klik menu I Accept.


8. Selanjutnya klik menu Monetize.


9. Selanjutnya klik menu Got it.


10. Sampai disini monetisasi video Youtube kita sudah aktif dan semua video yang telah kita upload maupun yang akan di upload sudah siap dipasangi iklan.

11. Klik menu View monetization setting untuk mendaftarkan account Google Adsense kita sebagai metode pembayaran atau penerima dollar hasil dari pemasangan iklan pada video Youtube kita.


 12. Klik Next untuk melanjutkan proses registrasi account Google Adsense / GA kita.


13. Klik menu Yes, proceed to Google Sign in, maksudnya kita akan mendaftarkan account Google Adsense mengunakan account kita yang sedang Login ini.


14. Jika kita sudah punya account Google Adsense, akan tampil seperti gambar dibawah ini dan klik menu Accept Association.


15. Selanjutnya tampak Monetization successfully assoiciated. Klik Next untuk melanjutkan proses.


 16. Selanjutnya pada menu Monetisasi, pada account status kita klik menu Monetize videos. Sampai disini kita siap mendulang dollar dari video Youtube yang kita upload.


17. Selanjutnya kita masuk ke menu Video Manager. Lalu edit salah satu video Youtube kita seperti contoh dibawah ini. Lalu dibawah video akan terlihat menu "Monetization", klik menu ini lalu centang pilihan Monetisasi dengan Iklan. Lalu klik menu Simpan Perubahan. Dan selanjutnya iklan video kita sudah otomatis terpasang dan jika ada yang menonton video ini maka akan tampak iklan dan kita akan menerima bagi hasil atas pemasangan iklan tersebut. Mudah sekali bukan???


18. Perhatikan gambar dibawah ini, pada simbol $ terlihat ada yang berwarna gray ( monetisasi tidak aktif ) dan ada yang berwarna Orange ( monetisasi sudah aktif ).


19. Selain itu, kita juga bisa melakukan perubahan account monetisasi, seperti gambar dibawah ini. Pada menu Monetisasi, klik menu Change untuk merubaha account penerima $ hasil iklan video Youtube. 


20. Okelah kalau begitu, tutorial ini cukup sampai disini. Dan berikut ini adalah account Youtube untuk artikel ini :


Selamat mencoba...



No comments:

Post a Comment